Contoh Kata-kata Ucapan Selamat Tahun Baru Bahasa Sunda dan Artinya

Kata-kata Ucapan Selamat Tahun Baru 2021 Bahasa Sunda

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun! Waktu melaju terasa begitu cepat, sebentar lagi pergantian tahun baru Masehi. Selamat tahun baru 2021! Seiring bergantinya tahun, umur kita bertambah dan jatah hidup pun berkurang.

Waktu akan terus maju dan tidak bisa diputar ulang. Tahun ini harus lebih baik dari tahun lalu dan tahun depan harus lebih baik dari tahun sekarang… Perubahan menjadi lebih baik harus dimulai saat ini juga, jangan tunggu besok.

Nyérélékna waktu téh geus jadi katangtuan. Ti poé ka poé kudu leuwih hadé, nyieun kahadéan ulah diengké-engké.

Menyambut tahun baru harus disertai semangat baru dan harapan baru. Yang terpenting bukan tahun barunya, tetapi hidup harus lebih maju dan bermutu. Setuju?

Tahun 2020 dunia berduka karena pandemi covid-19. Harapan kita semua, semoga tahun baru 2021 dunia terbebas dari wabah corona. Kehidupan kembali normal dan dapat meningkatkan amal. Selain itu, setiap orang pasti punya harapan positif masing-masing di tahun baru nanti.

Apa resolusimu tahun 2021?

Ungkapan resolusi dan kata-kata ucapan selamat tahun baru dapat disampaikan lewat berbagai media dan bahasa. Media yang banyak dipakai sekarang adalah media sosial, seperti facebook, WA, Instagram, dan sebagainya.

Ucapan tahun baru juga bisa disampaikan dalam bahasa asing, bahasa Indonesia, maupun bahasa daerah. Penggunaan bahasa tentunya bergantung pada latar belakang penutur atau disesuaikan dengan target pembacanya.

Bahasa daerah di Indonesia sangat banyak. Karena saya orang Sunda maka akan berikan contoh ucapan tahun baru dalam basa Sunda.

Perhatikan tabel kosakata di bawah ini.

Bahasa IndonesiaBahasa Sunda LemesBahasa Sunda Loma
SelamatWilujengWilujeng; selamat
TahunTaunTaun
BaruÉnggalAnyar

Ragam ucapan tahun baru singkat dalam bahasa Inggris, bahasa Indonesia, dan basa Sunda.

BahasaUcapan Singkat
Bahasa InggrisHappy new year
Bahasa IndonesiaSelamat tahun baru
Bahasa Sunda LomaWilujeng taun anyar
Bahasa Sunda LemesWilujeng taun énggal

Berikut ini beberapa contoh harapan dan kata-kata ucapan selamat tahun baru dalam bahasa Sunda lengkap dengan artinya.

Contoh resolusi dan kata-kata ucapan selamat tahun baru bahasa Sunda bijak

Nyérélékna waktu téh geus jadi katangtuan. Ti poé ka poé kadé sing leuwih hadé, ti taun ka taun hirup kudu langkung kayungyun. Wilujeng taun anyar 2021!

Artinya: Melajunya waktu sudah jadi ketentuan. Dari hari ke hari harus semakin baik, dari tahun ke tahun hidup harus semakin bermutu. Selamat tahun baru 2021!

Nyambut genti taun téh lain saukur sukan-sukan, tapi kudu dibarengan ku sukuran. Wilujeng tahun anyar, mugia tinekanan sagala harepan.

Artinya: Menyambut pergantian tahun bukan sekadar hura-hura, tetapi harus diiringi dengan rasa syukur. Selamat tahun baru, semoga tercapai segala harapan.

Moal aya nu bisa ngahalangan kana datangna taun anyar, pon kitu deui moal aya nu bisa ngahalangan kana tekad pikeun ngahontal cita-cita.

Artinya: Tidak akan ada yang bisa menghalangi datangnya taun baru, begitu juga tidak akan ada yang mampu menghalangi tekad untuk menggapai cita-cita.

Gedé harepan keur taun anyar kudu dibarengan loba kadaék jeung pangabisa ngarah ka hareup hirup leuwih hurip. Wilujeng taun énggal!

Artinya: Besarnya harapan untuk tahun baru harus dibarengi kemauan dan keahlian agar di masa mendatang hidup lebih sejahtera. Selamat tahun baru!

Mudah-mudahan dina taun nu anyar sing leuwih jembar, covid sing gancang aya ubar. Wilujeng taun anyar!

Artinya: Mudah-mudahan di tahun yang baru lebih kaya dan bijaksana, covid semoga cepat ditemukan obat (vaksinnya). Selamat tahun baru!

Contoh kata-kata tahun baru bahasa Sunda lucu

Harepan keur taun dua rébu hiji cukup hiji, nya éta “sing kacumponan sagala harepan”. Contona hayang naék haji, gera kawin (deui), hayang kabeuli imah, kabeuli mobil, naék pangkat, jsb. Wilujeng taun anyar 2021!

Artinya: Harapan untuk tahu dua ribu satu cukup satu, yaitu “semoga terlaksana segala harapan”. Contohnya mau naik haji, segera menikah (lagi), dapat membeli rumah, membeli mobil, naik pangkat, dsb. Selamat tahun baru 2021!

Ka babaturan teh ulah kawas kana kalénder. Keur butuh mah unggal poé ditempoan, ari ahir taun kalah dipiceun lain dibawa piknik.

Artinya: Ke teman itu jangan seperti ke kalender. Sedang butuh dilihat tiap hari, kalau akhir tahun malah dibuang bukan diajak piknik.

Genti taun tapi kalakuan goréng teu dirobah, sarua waé jeung ganti baju tapi teu mandi. Ti luar alus, di jero bau haseum.

Artinya: Ganti tahun tapi tidak kelakuan jelek tidak diubah, sama saja dengan ganti baju tapi tidak mandi. Dari luar bagus, di dalam bau tidak sedap.

Bakal tulus ngagenti kalender téh ayeuna mah. Bosen geus sataun teu diganti-ganti. Wilujeng taun anyar!

Artinya: Sekarang akan jadi nih ganti kalender. Bosan sudah setahun tak diganti-ganti. Selamat tahun baru!

Komo lamun juga taun, digenti dua belas bulan sakali. Cacakan digenti 5 taun sakali ogé hayang deui. Wilujeng taun énggal!

Artinya: Apalagi kalau seperti tahun, ditangi tiap dua belas bulan sekali. Meskipun diganti 5 tahun sekali juga masih ingin. Selamat tahun baru!

Contoh kata-kata tahun baru bahasa Sunda bucin

Genti taun genti harepan, moal ngarep-ngarep manéh bonganna teu beunang diharepkeun.

Artinya: Ganti tahun ganti harapan, tidak akan mengharapkan kamu sebab tidak bisa diharapkan.

Genti taun genti harepan, tong ngarep-ngarep nu moal beunang diharepkeun. Biting ogé ngarepkeun urang nu geus puguh aya hareupeun.

Artinya: Ganti tahun ganti harapan, jangan mengharap yang tidak bisa diharapkan. Lebih baik harapkan saya yang sudah jelas ada di hadapan.

Taun 2021 #GantiKabogoh tinu sok nganyenyeri kanu loba duit.

Artinya: Tahun 20201 #GantiPacar dari yang suka menyakiti ke yang banyak uang.

Taun anyar hayang kabogoh anyar tapi éra kunu heubeul, hutang nu taun kamari can kabayar.

Artinya: Tahun baru ingin pacar baru tapi malu sama pacar lama, hutang bekas tahun lalu belum kebayar.

Taun anyar mah rék leuwih getol, nyiar ipekah ambéh téréh boga buku nikah.

Artinya:

Tahun baru akan semakin rajin, mencari ipekah agar segera punya buku nikah.

Baca juga: Kata-kata Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Sunda

Demikianlah, semoga bermanfaat.