Undak usuk basa sunda

Arti Undak Usuk Basa Sunda dan Contoh Kalimatnya

52 Dilihat

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun baraya Sundapedia di mana pun sobat berada. Mudahan-mudahan kita semua selalu ada dalam lindungan Allah SWT.

Alhamdulillah pada kesempatan ini saya bisa kembali berbagi materi bahasa Sunda. Kali ini tentang undak usuk basa Sunda.

Di tatar Sunda, pelajaran tentang undak usuk basa sudah diajarkan sejak di bangku sekolah dasar. Tapi pada percakapan sehari-hari kadang kita berbicara tidak memakai undak usuk basa atau sering salah menempatkan kata (kecap).

Dalam berkomunikasi memang boleh-boleh saja, yang penting kedua belah pihak dapat memahami yang diucapkan. Tetapi secara etika atau tatakrama, asal bicara itu tidak sopan.

Orang Sunda punya pepatah yang mengatakan “basa mah teu meuli”, artinya berbicaralah secara sopan karena berbicara sopan itu gratis.

Sopan santun berbicara, di tatar Sunda khususnya wilayah priangan tidak hanya dinilai dari diksi yang diucapkan. Tetapi ditambah dengan nada bicara atau istilah Sunda-nya disebut lentong dan gerak tubuh atau rengkuh.

Kebalikan dari lentong adalah teugeug, artinya bicara dengan nada ketus. Jadi meskipun kata yang digunakannya halus tapi kalau nada bicaranya teugeug tidak termasuk sopan.

Rengkuh adalah gerak tubuh menarik kepala dan dada ke bawah sebagai tanda hormat kepada lawan bicara.

Arti undak usuk basa adalah

Sebelum belajar daftar kata undak usuk basa Sunda, ada baiknya kamu tahu dulu apa arti undak usuk basa. Atau mungkin kamu sudah tahu ya?

Kalau sudah tahu ya sudah..

Bagi yang belum tahu, arti undak usuk basa Sunda nyaeta aturan atawa tatakrama nyarita basa Sunda supaya merenah jeung ngeunah kanu ngadéngé.

Atau, arti undak usuk basa adalah aturan atau tatakrama dalam berucap, sehingga nyaman dan aman bagi kita dan pendengar.

Menggunakan undak usuk basa Sunda ini penting agar lawan bicara tidak merasa tersinggung dengan kata yang kita ucapkan. Ya walaupun dalam hati bermaksud baik dan menghargai tapi kalau bahasanya salah tetap saja kesan dari lawan bicara jadi tidak baik.

Bahasa Indonesia terkenal mudah digunakan dan tidak ada tingkatan bahasa. Seperti ‘saya’ bisa digunakan untuk berbicara dengan anak-anak, orang tua, guru, pejabat atau siapapun.

Di dalam bahasa Sunda tidak begitu, sedikit lebih rumit karena bahasa Sunda memiliki ragam bahasa halus (sopan, hormat atau lemes), loma (sedang atau akrab) dan kasar.

Bahasa halus dibagi lagi menjadi bahasa halus untuk diri sendiri (keur sorangan) dan bahasa hormat untuk orang lain (keur batur).

Contohnya, bahasa Sunda ‘saya’ artinya bermacam-macam seperti abi, abdi, uing, kuring, sim kuring, pribados, urang, aing, déwék. Kata-kata tersebut semua artinya sama yaitu saya. Tetapi penempatannya berbeda ketika bicara.

Contoh kalimat menggunakan undak usuk basa

Berikut ini saya sajikan beberapa kalimat dalam bentuk percakapan bahasa Sunda. Perhatikan kata-kata yang bergaris miring.

Jaen: “Eh Kang Ujang. Iraha sumping ti dayeuh Kang?” (Eh Kang Ujang. Kapan datang dari kota Kang?)

Ujang: “Muhun Kang. Teu acan lami, nembe dongkap” (Iya Kang. Belum lama, baru datang)

Jaen: “Oh muhun. Hayu atuh ka lebet bilih bade tuang gera da liwetmah parantos sayogi” (Oh ya. Ayo masuk barangkali mau makan nasinya sudah siap”

Ujang: “Moal Kang wareg keneh. Nembe sateu acan mios ka bumi Akang teh abdi neda di rorompok” (Tidak Kang masih kenyang. Tadi sebelum ke rumah Akang saya makan dulu di rumah).

Jaen: “Sok atuh linggih. Sareng saha kadieu Kang?” (Silakan duduk. Sama siapa ke sini Kang?)

Ujang: “Hatur nuhun. Sareng pun adi itu nuju markirkeun mobil” (Terima kasih. Sama adik saya, itu lagi markirin mobil)

Jaen: “Oh tuang rai itu teh?” (Oh itu adik Akang?)

Contoh kata undak usuk basa Sunda

Bahasa Indonesia Bahasa Lemes Bahasa Loma Bahasa Kasar
Untuk diri sendiri Untuk orang lain
Saya Abdi Urang Aing
Kamu Salira Maneh Sia
Dia Anjeuna Manehna
Makan Neda Tuang Dahar Nyatu
Tidur Mondok Kulem Sare Molor
Kata (kata + S) Sangem Saur Ceuk
Katanya (kata+nya) Cenah Saurna Cenah
Ibu Pun biang Tuang ibu Indung
Bapak Pun bapa Tuang rama Bapa maneh Bapa sia
Anak Pun anak Tuang putra Budak maneh Anak sia
Istri Pun bojo Tuang garwa pamajikan
Suami Pun lanceuk Caroge Salaki
Adik Pun adi Tuang rai Adi
Kakak Pun lanceuk Tuang raka Lanceuk
Berangkat/ pergi Mios Angkat Indit Mantog
Pulang Wangsul Mulih Balik Mantog
Istirahat Ngaso Leleson Leleson
Mau Hoyong Palay Hayang

Daftar kata undak usuk basa Sunda lainnya bisa dilihat di tabel ini http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BAHASA_DAERAH/196408221989031-DINGDING_HAERUDIN/UNDAK_USUK_BASA_SUNDA.pdf

Itulah tadi pengertian, daftar kata dan contoh kalimat penggunaan undak usuk basa dalam percakapan sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat.

Jangan lupa share ya, terima kasih.